Sabtu, 17 Desember 2011

BAB 11

KOPERASI DALAM PASAR MONOPOLISTIK

KOPERASI DALAM PASAR PERSAINGAN MONOPOLISTIK

Pasar persaingan monopolistik dalah bentuk dari organisasi pasar yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1. Banyak penjual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam.
2. Produk yang dihasilkan tidak homogen.
3. Ada produk substitusinya, artinya dapat digantikan penggunaanya secara sempurna oleh produk lain.
4. Keluar atau masuk industri relatif mudah.
5. Harga produk tidak sama di semua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya.
6. Pengusaha dan konsumen produk tertentu sama-sama bersaing, tetapi persaingan tersebut tidak sempurna karena produk yag dihasilkan tidak sama dalam banyak hal.

hubungan pasar dengan koperasi

1. PASAR BARANG
UPAYA KOPERASI DALAM MEMENANGKAN PERSAINGAN ADALAH:
KOPEASI HARUS MENAWARKAN KELEBIHAN KHUSUS YANG TIDAK DIMILIKI OLEH PESAINGNYA.
KOPERASI (MANAJEMEN) HARUS MAMPU MEMOTIVASI ANGGOTANYA AGAR DAPAT BERPARTISIPASI AKTIF DALAM KOPERASI.
KOPERASI DALAM ANALISIS ORGANISASIONALKOMPARATIF
2. PASAR TENAGA KERJA.
TUGAS UTAMA ADALAH MEREKRUT TENAGA KERJA DAN MENEMPATKAN SESUAI KEAHLIAN SERTA MEMBERIKAN INSENTIF LAYAK.
YANG HARUS DILAKUKAN:
MEMBERIKAN INSENTIF YANG LEBIH BAIK DIBANDING DENGAN PESAINGNYA.
MEMBERIKAN KESEMPATAN PERKEMBANGAN KARIR YANG RELATIF LEBIH BAIK DIBANDING DENGAN PESAINGNYA.
KOPERASI DALAM ANALISIS ORGANISASIONAL KOMPARATIF
3. PASAR UANG:
KOPERASI SBG BADAN USAHA DI PASAR UANG DAPAT BERTINDAK SBG PENAWAR UANG DAN PEMINTA UANG.
KOPERASI HARUS MELAKUKAN:
MEMBERIKAN KREDIT DENGAN  JUMLAH DAN TINGKAT BUNGA YANG RELATIF LEBIH MENARIK DARI DARIPADA PESAINGNYA.
MEMBERIKAN PELAYANAN YANG LEBIH CEPAT DAN BAIK DARIPADA PESAINGNYA.
KOPERASI DALAM ANALISIS ORGANISASIONAL KOMPARATIF
4.PASAR MODAL.
DENTIK DENGAN PASAR BURSA ATAU EFEK.
BAGI KOPERASI MEMASUKI PASAR MODAL ADALAH SUATU FENOMENA BARU SEBAB KOPERASI BUKAN KUMPULAN MODAL.
KOPERASI TIDAK BISA MENERBITKAN DAN MENJUAL SAHAMNYA DI PASAR MODAL, SESUAI ATURAN KOPERASI HANYA BOLEH INVESTASI DI PASAR MODAL DENGAN PERSETUJUAN ANGGOTA.
KOPERASI DALAM ANALISIS ORGANISASIONAL KOMPARATIF
5. PASAR LUAR NEGERI.
DALAM RANGKA PENGEMBANGAN KOPERASI MAKA KOPERASI JUGA BISA MEMAINKAN PERANNYA DI PASAR  EKSPOR IMPOR.
BEBERAPA KOPERASI YANG SUDAH MAJU MAMPU MELAKUKANNYA ANTARA LAIN: KOPERASI INDUSTRI BATIK, KOPERASI INDUSTRI KERAJINAN, KOPERASI INDUSTRI  TAHU TEMPE.

Hubungan Produsen dengan Pasar tanpa Koperasi:
Hubungan produsen dengan pasar tanpa koperasi dapat digambarkan sebagai berikut. Misalnya Produsen (P) yang menghasilakn kakao akan menjual produksinya ke pasar (Konsumen C). Dalam hal ini Produsen P dan Konsumen C tidak terintegrasi atau tidak saling mengetahui dengan baik. Oleh karena itu, peran pedagang (T) adalah sangat strategis untuk menjembatani kepentingan ekonomi kedua belah pihak

Hubungan Produsen Anggota Koperasi dengan Pasar:
Menurut konsep koperasi, sekelompok orang baik itu sebagai produsen maupun sebagai konsumen yang mempunyai kepentingan ekonomi yang sama dapat membentuk perusahaan koperasi. Adanya persamaan kepentingan ekonomi ini membentuk “hubungan khusus” antara anggota koperasi dengan perusahaannya yang disebut koperasi.

Pasar persaingan sempurna
sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaam sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar